FENOMENA : “Siswa Yang Kesurupan Massal Di Sekolah”

Nama : Ni Made Sutriani / FPAS - UNHI
NIM/Absen : 11.07.01.1383  /  39
MK : Media Pembelajaran

Fenomena : Siswa Yang Kesurupan Massal Di Sekolah

Di media cetak maupun elekronik seperti: koran dan Televisi banyak diberitakan tentang siswa yang kesurupan massal di sekolah, yang berada di Bali maupun di luar Bali. Maka saya akan coba memberikan alternative yang dapat mencegah terjadinya kesurupan di sekolah- sekolah, antara lain sebagai berikut:

1. Membersihkan  areal sekolah

Membersihkan areal sekolah yang dimaksud yaitu secara sekala dan niskala.. Secara sekala dapat dilakukan dengan cara membersihkan lingkungan sekolah, menebang pohon-pohon besar yang berada di halaman sekolah, yang mungkin menjadi tempat tinggal mahluk-mahluk halus yang dapat mengganggu siswa yang ada disana jika melakukan kesalahan. Sedangkan secara niskala dapat ditempuh dengan cara melaksanakan persembahyangan bersama atau melakukan upacara bhuta yadnya seperti mecaru untuk menetralisir mahluk halus dan semua jenis bhuta kala yang berada di lingkungan sekolah, sehinga konsep Tri Hita Karana dapat dilaksanakan dengan baik.

 2. Dengan memberikan bimbingan  kepada semua siswa.

 Siswa diberikan bimbingan keagamaan dan bimbingan konseling. Bimbingan keagamaan diberikan untuk memperkuat rasa kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan jalan membiasakan diri melaksanakan Tri Sandhya sebelum pelajaran dimulai. Siswa diberikan praktek yoga yang dilaksanakan seminggu sekali untuk kesehatan jasmani dan rohani. Sedangkan bimbingan konseling diberikan bagi siswa untuk membantu memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam proses belajar di sekolah.

*******

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s